MASIH KURANG YAKIN KALAU ANGCIU NGGAK HALAL? KAMU HARUS SIMAK PENJELASAN INI.

MASIH KURANG YAKIN KALAU ANGCIU NGGAK HALAL? KAMU HARUS SIMAK PENJELASAN INI.
 Sebelum mengerucut ke arah pembahasan ketidakhalalan Angciu. Mungkin ada dari teman-teman lain yang belum tahu nih apa itu Angciu. Jadi, Angciu itu adalah arak masak, digunakan sebagai penyedap masakan jenis tumisan seperti seafood, mie goreng, atau nasi goreng, dll. Mirisnya banyak juga tempat makan mulai dari kaki lima sampai resto bintang lima menggunakan Angciu. Gregetnya bukan main!!
Padahal sudah jelas dari MUI melabelkan bahwa Angciu termasuk bahan masakan tidak halal. Angciu terbuat dari fermentasi beras atau beras ketan, ada juga yang mengatakan dari sari tapai. Selain difermentasi, Angciu juga diberi bumbu penyedap lainnya, di mana bumbu tambahannya ini khas dari Tiongkok yang tidak halal juga.
Nah, sebab Angciu tidak halal karena proses pembuatannya mirip dengan minuman beralkohol atau khamar. Kita sebagai umat muslim tentu tidak boleh mengonsumsinya, baik secara langsung atau digunakan dalam masakan. Meski jumlahnya sedikit atau telah dicampur dengan bumbu lain, tetap tidak diperbolehkan. Biarpun ada juga yang bilang dan menganggap boleh karena akan hilang dari uapnya masakan, tetap tidak dibenarkan. Karena bagaimana pun Angciu itu berbentuk cairan masuk tercampur ke dalam bahan makanan.
Selain itu, ada yang perlu diingat untuk mereka yang sudah terlanjur mencoba atau menggunakan Angciu di dalam masakannya, tidak boleh mengganti dengan kata lain mengimitasi. Ada orang yang mengganti Angciu itu dengan kecap asin, jeruk nipis atau lemon, dan jahe. Mungkin dia menggantikan rasa angciu itu, tapi maksudnya lebih ke membuat rasanya enak. Bukan mengimitasi angciu tadi.
Setelah membaca artikel ini, semoga teman-teman bisa lebih selektif memilih tempat makan di luar. Jangan sampai ketidaktahuan kita merugikan diri sendiri ya.
Intinya, jangan takut kehabisan ide untuk resep masakan enak yang pastinya juga halal. Insya Allah Momasa akan selalu berbagi informasi untuk teman-teman di rumah termasuk resep dan bahan-bahan halal.
Halal | Tasty | Delish