Keuntungan Memiliki Sertifikasi Halal dalam Bisnis!

Sobat Momasa mau buka bisnis kuliner? Pas banget, yuk baca artikel ini.

Memulai bisnis memang butuh persiapan: tekad, modal, tenaga, waktu dan siap tantangan, salah satunya kuliner. Melihat bisnis kuliner yang semakin menjanjikan dan ramai, semuanya tidak lepas dari perkembangan media promosi review dari influencer atau informasi dari mulut ke mulut.

Punya pengaruh baik atau buruk kembali lagi pada kesiapan kita sebagai owner sedetail apa membangun bisnis. Sementara tak kalah penting cara untuk meyakinkan konsumen adalah memiliki sertifikasi halal. Meskipun tidak adanya sertifikasi halal bukan berarti tidak halal, ya. Asalkan dengan catatan kita bisa bertanggung jawab atas apa yang konsumen konsumsi.

Tapi, ada baiknya ketika memutuskan untuk membuka bisnis khususnya kuliner sudah all out memikirkan agar bisnis tersebut mendapat kepercayaan konsumen melihat ada label sertifikasi halal.

Oke, menjawab pertanyaan bagi Sobat Momasa yang ingin membuka bisnis kuliner dan masih belum tahu banyak seputar pentingnya memiliki sertifikasi halal, mari ulas di sini:

1.     Kepercayaan Konsumen

Dengan adanya sertifikat halal, Good Job, Sobat Momasa memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk yang dijual benar-benar halal dan sesuai dengan syariat Islam.

2.     Standar Kesehatan dan Kebersihan

Sertifikasi halal bukan hanya soal apakah bahan yang digunakan halal atau tidak. Namun, proses produksi juga harus memenuhi standar kebersihan yang ketat.

3.     Pasar yang Lebih Luas

Adanya label halal, Sobat Momasa memastikan produknya dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik Muslim maupun non-Muslim, yang mencari jaminan kualitas.

4.     Diversifikasi Produk

Bisa jadi, ada produk yang selama ini dikenal non-halal. Namun, dengan inovasi dan sertifikat halal, Sobat Momasa bisa membuka kesempatan bagi konsumen untuk mencoba varian halal dari produk tersebut. Bisa juga dibilang sebagai perluasan produk dalam rangka meningkatkan pertumbuhan, penjualan, dan keuntungan.

5.     Alat Pemasaran Efektif

Dalam dunia bisnis, kepercayaan konsumen adalah segalanya. Label halal menjadi salah satu alat pemasaran yang bisa menarik minat konsumen untuk mencoba bisnis kuliner, Sobat Momasa.

Nah, dari ulasan di atas, jelas bahwa memiliki sertifikat halal bukan sekadar label, melainkan investasi jangka panjang untuk bisnis. Meskipun proses mendapatkannya memang tidak mudah dan membutuhkan waktu, tetapi hasilnya akan sepadan dengan effort yang Sobat Momasa lakukan.

Soal bisnis tidak ada yang instan, semoga rencana Sobat Momasa dalam membuka bisnis selalu dimudahkan. Nikmati prosesnya, nikmati hasilnya. Semangat!

(https://www.sriboga.com/news/what-is-halal-food-and-why-is-it-important-in-indonesia)