Setuju Makanan Jepang Lezat? Tunggu Dulu‼️

Kalau mendengar makanan Jepang, apa nih yang terlintas di Sobat Momasa?

Ramen atau Sushi? Yap, keduanya merupakan makanan khas jepang yang sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Nggak heran kalau di setiap kota-kota besar tersedia resto berkonsep dengan menu ala Jepang.

Tapi, yang spesial di artikel ini kita mau bahas tentang “kelezatan” makanan Jepang dengan bahan-bahan yang harus diperhatikan alias tidak halal.

Makanan Jepang memang digandrungi banyak orang, nggak menutup kemungkinan Sobat Momasa salah satunya. Tapi, sering banget kita dibuat bingung dan was-was mengenai kehalalan bahan-bahan dalam masakan Jepang. Khusus untuk Sobat Momasa yang mengutamakan kehalalan makanan untuk keluarga, yuk kenali beberapa bahan khas masakan Jepang yang perlu kita perhatikan:

🫙 Mirin: Bukan Sembarang Mirin

Mirin memang sering ditemui di berbagai masakan Jepang. Tapi hati-hati, label “mirin halal” di pasaran biasanya adalah versi pengganti mirin, bukan mirin asli yang kebanyakan memang belum ada yang halal.

🍶 Sake: Khas Negeri Sakura

Sake memang populer sebagai minuman keras khas Jepang. Namun, kadang kala sake juga dijadikan bahan dalam beberapa jenis masakan. Pastikan untuk selalu waspada dan bertanya kepada pelayan restoran atau chef.

🥃 Shoyu Beralkohol: Kecap Asin ‘Spesial’

Meski di Indonesia sudah banyak shoyu yang bebas alkohol dan halal, kita harus tetap berhati-hati saat memilih, terutama produk impor.

🧉Rice Vinegar: Cuka dengan ‘Kejutan’

Cuka beras atau rice vinegar kerap menjadi bahan dasar masakan Jepang. Periksa label produk untuk memastikan tidak mengandung alkohol atau bahan lain yang tidak halal.

🐽 Hati-hati dengan Babi dan Minyaknya

Di Indonesia, makanan yang mengandung babi memang jarang. Namun, saat berlibur atau makan di negara asalnya seperti Jepang, kita harus ekstra waspada dengan kandungan pork & lard, serta potensi hewan lain yang tidak disembelih sesuai syariat.Pastinya Sobat Momasa selalu mengutamakan yang terbaik untuk keluarga, termasuk dalam pemilihan makanan, bukan? Oleh karenanya, saat memilih resto Jepang, sebaiknya pilih yang sudah memiliki logo halal agar Sobat Momasa dan Keluarga lebih aman dan nyaman. 🍣🍱🥢