Produk Impor Klaim Halal: Apakah Aman Dikonsumsi?

Hayo siapa di sini yang masih bingung terkait klaim halal dari produk luar?

Mungkin untuk sebagian orang merasa ragu tapi tidak bisa dipungkiri itu menjadi hal yang wajar.

Mengingat kita kerap disajikan dengan produk impor yang mana dengan adanya label halal, pasti berpikir apakah ini aman untuk kita konsumsi atau hanya sebatas logo halal untuk memanfaatkan momentum bagi kita yang selalu mengandalkan sertifikasi halal.

Mengerti Tentang Sertifikasi Halal

Sebelum kita bahas makin jauh, sertifikasi halal adalah sebuah proses pemberian label atau sertifikat yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah melalui serangkaian uji dan pemeriksaan sesuai dengan syariat Islam. Di Indonesia, MUI merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk memberikan sertifikasi ini.

 Produk Impor dan Sertifikasi Halal Negara Asal

Ketika kita berbicara tentang produk impor yang mengklaim dirinya halal, produk tersebut biasanya telah mendapatkan sertifikasi halal dari negara asalnya. Setiap negara memiliki lembaga sertifikasi halalnya masing-masing dengan standar yang bisa jadi berbeda dengan Indonesia.

Haruskah Kita Khawatir?

Sebagai orang yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga, wajar jika kita merasa khawatir. Namun, banyak lembaga sertifikasi halal di luar negeri yang memiliki kredibilitas dan standar yang setara dengan MUI. Yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa produk tersebut memiliki sertifikasi dari lembaga yang terpercaya.

 Langkah Cerdas Untuk Sobat Momasa

Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi atau memberikan produk impor kepada keluarga, ada baiknya untuk:

 ✅ Mengecek sertifikasi halal produk tersebut dan mencari tahu lebih lanjut tentang lembaga pemberi sertifikasi.

✅ Membandingkan standar sertifikasi negara asal dengan standar MUI.

✅ Jika ragu, konsultasikan dengan ahli agama atau komunitas yang memiliki pengetahuan lebih tentang hal ini.

Dengan langkah-langkah tersebut, Insya Allah kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi produk klaim halal dari luar ya, Sobat Momasa.