Pentingnya Memastikan Kehalalan Produk Bakery: Enak Aja Nggak Cukup

Pastry dan bakery adalah dua istilah yang sudah tidak asing lagi bagi Sobat Momasa yang berkecimpung dalam dunia kuliner atau memiliki hobi membuat makanan penutup ataupun cemilan. Pastry merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah jenis adonan roti atau kue. Sedangkan bakery adalah istilah yang digunakan sebagai penyebutan sebuah tempat yang memproduksi atau menjual berbagai jenis roti, pastry, dan beragam produk makanan yang dibuat dengan cara dipanggang.

Belum lagi ketika kita berkunjung ke Bakery, melihat dan mencium aroma wanginya bikin pengen “hap” berbagai jenis seperti roti, kue, bahkan pastry. Tapi, untuk kita umat Muslim, kepastian kehalalan suatu produk adalah hal yang non-negotiable. Jadi, sebelum tergiur untuk membeli atau mencoba resep bakery, pastikan Sobat Momasa selalu check and recheck kehalalannya. Ingat ya, kelezatan suatu makanan bukan cuma dari rasanya, tapi juga dari kepastian bahwa kita mengkonsumsinya dengan hati yang tenang karena memastikan kehalalannya.

Karena enak aja nggak cukup, pastikan bahan-bahan bakery yang Sobat Momasa konsumsi aman. Berikut TItik Kritis Kehalalan di Dunia Bakery:

1. Rum dan Turunan Khamr: Banyak bakery shop yang tanpa disadari masih menggunakan bahan-bahan ini. Penting untuk memastikan bahwa produk yang kita konsumsi bebas dari bahan ini atau menggunakan alternatif halal.

2. Gelatin: Salah satu komponen yang kerap digunakan dalam produk bakery adalah gelatin. Produksi gelatin babi memang lebih dominan di pasaran, namun gelatin sapi dengan sertifikat halal kini juga telah tersedia.

3. Cake Emulsifier: Emulsifier dapat berasal dari sumber hewani atau nabati. Sangat penting untuk memastikan bahwa sumber hewani yang digunakan dalam emulsifier adalah halal.

4. Vanilla Extract: Meskipun sumber asli vanilla (beans) adalah halal, namun olahan vanilla extract cair seringkali mengandung alkohol. Saat ini, ada beberapa produsen yang menyediakan vanilla extract dengan sertifikat halal.

Nah, kalau info Titik Kritis sudah dikantongi, Sobat Momasa jadi nggak perlu khawatir asal comot beli tanpa tanya terlebih dahulu. Sekarang, Sobat Momasa bakal bisa nemuin Toko Bakery langganan yang pastinya sudah sertifikasi halal.