LAGI-LAGI KATANYA HALAL, TERNYATA?

Masih persoalan tentang kejelasan HALAL atau TIDAK dari sebuah tempat makan atau restoran rupanya sangat-sangat mengkhawatirkan bagi Sobat Momasa yang gemar wara-wiri kuliner. Namun, terkadang, di balik klaim tersebut tersembunyi fakta yang mungkin berbeda. Jelas tidak bisa dipungkiri lengah sedikit kita malah menjadi korban.

Namun, selain tawaran lezat dan tampilan makanan yang menggoda, ada satu hal yang kerap kali menjadi pertanyaan besar: “Apakah makanan ini benar-benar halal?” Terkadang, kita terkecoh dengan klaim “halal” yang ditempelkan di depan restoran atau cafe, atau bahkan melalui testimoni di media sosial. Namun, adakah jaminan di balik klaim tersebut? Tentu tidak.

Lantas, bagaimana cara Sobat Momasa tidak tergiur dengan Klaim Halal yang menggoda? Ada empat langkah proaktif yang bisa dilakukan sebagai konsumen.

Pertama, konfirmasi atau tanyakan langsung kepada pihak restoran. Cek sertifikasi halal mereka atau cari tahu lewat ulasan di internet.

Kedua, sudah paham bahan-bahan yang tidak diperbolehkan dan sering digunakan dalam makanan, seperti mirin, arak masak, sake, brandy, dll. Selain mengenal bahan yang dilarang, Sobat Momasa juga perlu mengenali tanda-tanda makanan yang mungkin menggunakan bahan-bahan tersebut.

Ketiga, komunikasi terbuka, ini bisa dilakukan jika Sobat Momasa menemui ketidaksesuaian antara klaim dan kenyataan, jangan ragu memberi masukan dengan cara yang konstruktif. Dengan begitu, restoran juga punya kesempatan untuk bertanggung jawab atas klaim yang diberikan.

Keempat, jadilah konsumen yang cerdas, simpelnya kalau Sobat Momasa ragu dan nggak mau ambil risiko, cari tempat makan atau resto lain yang sudah jelas halal adalah solusi tepat.

Karena Klaim Halal pada tempat makan itu tujuan para pelaku bisnis yang memanfaatkan momentum ini. Mereka dengan gencar memasarkan produk atau tempat makannya sebagai halal. Namun, tanpa adanya verifikasi dan penelitian mendalam, klaim tersebut bisa jadi hanya sekadar klaim.

Gimana, Sobat Momasa udah punya bayangan kalau itu nanti terjadi saat wara-wiri kuliner?

Sedikit banyaknya informasi dari kami, semoga menambah pengetahuan dan membantu semua Sobat Momasa di rumah ya. Bye Bye.

 Sampai jumpa di artikel berikutnya!