Kandungan 0% Alkohol Pada Kemasan, Apakah Halal?

Tertera Kandungan Rum, Beer, Wine 0% Alkohol Pada Kemasan. Apakah Halal?

Maraknya jenis minuman di tengah perkembangan zaman dan inovasi yang terus berjalan, Sobat Momasa sadar nggak kalau kita sering dihadapkan pada produk-produk baru yang membingungkan. Salah satunya adalah munculnya minuman seperti Rum, Beer, dan Wine dengan label 0% alkohol. Kira-kira, halal nggak ya?

Alih-alih melihat berjejer di rak supermarket kandungan minuman di atas 0% alkohol, Sobat Momasa jadi ikut tergiur untuk mencoba. Padahal sudah jelas minuman tersebut masuk ke dalam zona abu-abu kehalalan, loh.

Menurut Fatwa MUI No 4 Tahun 2003, salah satunya disebutkan tidak diperbolehkan untuk makanan dan minuman menggunakan atau menyebutkan nama-nama yang diharamkan. Salah satunya seperti penggunaan “beer, wine, atau whiskey.”

Jadi, Sobat Momasa jangan lagi salah kaprah ya. Supaya lebih meyakinkan dan menuntaskan keraguan dalam memilih minuman dengan klaim 0% alkohol kita sudah merangkum beberapa poin, seperti:

  1. Memahami Konsep 0% Alkohol

Penting bagi kita untuk memahami apa itu produk dengan label 0% alkohol. Minuman ini dirancang untuk menawarkan sensasi rasa seperti minuman beralkohol aslinya tanpa kandungan alkohol. Tentunya, ini terdengar menarik, terutama bagi mereka yang penasaran dengan rasanya tetapi tetap ingin menghindari alkohol.

  1. Proses Pembuatan: Mengintip Dapur Minuman

Sebagian besar minuman 0% alkohol diproduksi dengan metode yang sama dengan versi beralkoholnya. Namun, melalui serangkaian proses, alkohol dihilangkan hingga mencapai level yang hampir tidak terdeteksi. Meski demikian, beberapa metode mungkin meninggalkan sisa alkohol, meskipun sangat kecil.

  1. Zona Abu-abu Kehalalan

Di sini letak dilemanya. Meskipun kandungan alkohol sangat minim, proses awal produksinya yang melibatkan alkohol membuat banyak orang merasa was-was. Menambah kompleksitas, beberapa pandangan berpendapat bahwa sensasi dan aroma mirip alkohol dapat memicu hasrat untuk mencoba versi alkohol asli. Bukankah ini bahaya?

  1. Sebagai Ibu di Era Modern: Bagaimana Cara Menyikapinya?

Sobat Momasa, sebagai ibu muda di era serba modern ini, tentu kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang kadang membingungkan. Namun, ingatlah, sebagai ibu, kita selalu ingin memberikan yang terbaik dan aman untuk keluarga.

Jika Sobat Momasa merasa ragu, tentu solusi terbaiknya adalah menghindari. Ada banyak minuman alternatif yang pasti halal dan menyehatkan untuk keluarga. Daripada mengambil risiko, lebih baik memilih yang aman dan nyaman.

  1. Mengambil Keputusan dengan Bijak

Kita juga dianjurkan untuk selalu aktif mencari informasi. Adanya artikel ini pun tidak lain tidak bukan sebagai salah satu media bagi Sobat Momasa dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

  1. Edukasi Keluarga: Karena Mencegah Sesuatu yang Tidak Jelas Jauh Lebih Baik

Tak hanya cukup dengan kita yang tahu, mengedukasi anggota keluarga juga sangat diperlukan, terutama anak-anak. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan cara menyampaikan yang baik tentu si kecil pun sudah menerima pesan dari Sobat Momasa.

Itu dia enam poin yang sudah kami rangkum untuk semua Sobat Momasa di rumah. Semoga membantu ya. Intinya, zaman sekarang memang penuh tantangan. Terutama dalam hal memilih makanan dan minuman. Namun, dengan pengetahuan, kewaspadaan, dan selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian, kita semua bisa memastikan bahwa apa yang kita konsumsi aman dan halal.